Persepsi Guru tentang Buku Teks


Persepsi Guru tentang Buku Teks

(Suparti, Sugiran dan Sulistiyono)

Peran dan kedudukan buku teks sangat penting sebagai “tafsir” dan “penjabar” substansi kurikulum yang akan dibelajarkan kepada siswa. Dalam persepsi para guru yang umumnya berpengalaman mengajar 10—20 tahun, tampilan fisik buku (gambar, tulisan, ukuran, sampul) dan dari segi isi buku (organisasi materi, tingkat kesulitan, jenis latihan) adalah “baik”. Dari aspek penggunaannya dalam proses belajar mengajar di kelas (pemahaman terhadap kata pengantar dan petunjuk, instruksi latihan, dan terhadap gambar) buku teks juga dipersepsi ”baik”. Namun dalam hal teknik sajiannya—urutan materi, kreativitas guru dalam menyajikan, ketaatan mengikuti petunjuk guru, keterlibatan guru dalam pembelajaran) dipersepsi “sedang atau cukup”.

Comments are closed.

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1.894 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: