Peningkatan Hasil Belajar Siswa


Peningkatan Hasil Belajar Siswa
Lukiyadi

Permasalahan yang muncul adalah bagaimana upaya peningkatan hasil belajar dalam memahami tempat jual beli melalui penggunaan keterampilan mengajar membimbing diskusi kelompok kecil di Kelas III SDN Bunder I Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Tujuannya adalah: Mendeskripsikan hasil belajar berupa nilai dalam memahami tempat jual beli siswa Kelas III SDN Bunder I, dan mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dalam memahami tempat jual beli di SDN Bunder I. Hasil yang dicapai adalah: penggunaan keterampilan mengajar diskusi kelompok kecil dalam hal memusatkan perhatian termasuk kategori muncul, dalam memperjelas masalah dan uraian pendapat termasuk kategori tidak muncul, menganalisis pandangan termasuk kategori muncul, peningkatan uraian termasuk kategori tidak muncul, penyebaran kesempatan berpartisipasi termasuk kategori tidak muncul, menutup diskusi termasuk kategori muncul. Peningkatan dari siklus satu ke siklus dua terlihat dalam hal memusatkan perhatian, memperjelas masalah dan uraian pendapat, menganalisis pandangan, meningkatkan uraian, menyebarkan kesempatan berpartisipasi, semula tidak muncul, dalam hal menutup diskusi termasuk kategori muncul. Rata-rata hasil belajar siklus satu = 6,10, dan Rata-rata hasil belajar siklus dua = 7,00. Ada 20 siswa diantara 29 siswa pada siklus I berhasil dalam belajarnya. Ada 27 siswa diantara 29 siswa pada siklus II berhasil dalam belajarnya. Pada siklus satu sebanyak 9 siswa dari 29 siswa memperoleh nilai rendah. Pada siklus dua sebanyak 2 siswa diantara 29 siswa memperoleh nilai yang rendah. Saran yang diajukan adalah: bahwa dalam memusatkan perhatian hendaknya diarahkan pada pokok persoalan yang sedang didiskusikan. Dalam memperjelas masalah dan uraian pendapat hendaknya diarahkan pada materi esensial dari pokok persoalan yang sedang dibahas. Dalam menganalisis pandangan hendaknya diikuti dengan reinforcement atau penguatan tentang masalah yang sedang dibahas atau dipelajari. Hendaknya ditambah dengan bahan pengayaan. Dalam menyebarkan kesempatan berpartisipasi hendaknya diarahkan pada peserta yang jarang mengemukakan ide atau gagasan dan pendapat. Dalam menutup diskusi hendaknya diperkuat dengan kesimpulan.

Comments are closed.

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1.894 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: