Pendidikan Multikultural


PENGEMBANGAN WAWASAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BAGI GURU

Penulis            : Drs. Suparman, M. Pd.
Disajikan di    : Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) IV, Jakarta, 25 November 2011
Tautan             : https://utsurabaya.files.wordpress.com/2013/07/suparman-ting-iii.pdf

Kemerdekaan Negara Republik Indonesia merupakan jembatan emas bangsa untuk melindungi segenap bangsa Indonesia, dan seluruh tumpah darah Indonesia; memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa; serta melaksanakan ketertiban dunia. Negara Republik Indonesia terdiri dari keanekaragaman suku, agama, ras, dan budaya. Keanekaragaman tersebut dilindungi oleh negara.
Realitas bangsa Indonesia yang beaneka ragam suku, agama, ras, dan budaya tersebut, maka sangat perlu adanya langkah-langkah pengembangan wawasan pendidikan multikultural bagi guru. Langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah : 1) memahami berbagai kultur melalui literatur yang ada, 2) melibatkan guru-guru dalam diskusi/seminar lintas kultur, 3) mengunjungi lokasi atau tempat masyarakat pemilik budaya, 4) bersosialisasi dengan masyarakat pemilik budaya tertentu. Melalui langkah-langkah tersebut guru akan memperoleh pemahaman keanekaragaman budaya masyarakat Indonesia. Di samping itu melalui langkah-langkah tersebut guru akan dapat mengembangkan wawasannya mengenai pendidikan multikultural. Dengan demikian para guru akan memiliki keluasan wawasan mengenai pendidkan multikultural, dan sekaligus menjadi pelaku pendidikan multikuiltural yang efektif. Fungsi guru sebagai fasilitator, organisator, motivator pendidikan akan berfungsi dengan baik.

Comments are closed.

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1.894 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: