Sikap Jujur


STUDI PERBEDAAN KUALITAS SIKAP JUJUR SISWA KELAS III SMTA NEGERI KOTA MADIUN

Penulis                : Drs. Suparman, M. Pd.
Diterbitkan di    : Jurnal INTERAKSI” ISSN No. 1412 -2953 Tahun 7 Nomor 1 Agustus 2011
Tautan                : https://utsurabaya.files.wordpress.com/2013/07/suparman-interaksi.pdf

Sikap jujur merupakan bagian dari kepribadian manusia. Sikap jujur merupakan salah satu aspek yang ingin diraih melalui pendidikan nasional. Setiap orang tidak sama kualitas sikap jujurnya. Kualitas sikap jujur seseorang sangat dipengaruhi oleh potensi dan lingkungannya. Kualitas sikap jujur siswa sangat dipengaruhi oleh lingkungan pendidikan/sekolah. Kurikulum sekolah merupakan faktor lingkungan yang ikut berperan dalam pembentukan kualitas sikap jujur para siswanya. Penulis melakukan penelitian tentnat perbedaan kualitas sikap jujur siswa kelas III Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMTA) Negeri Kota Madiun. Siswa Madrasah Aliyah adalah siswa suatu lembaga pendidikan formal tingkat atas di lingkungan Departemen Agama Republik Indonesia. Siswa Sekolah Menengah Atas adalah siswa suatu lembaga pendidikan formal tingkat atas di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui kualitas sikap jujur antara siswa kelas III Madrasah Aliyah Negeri dengan siswa kelas III Sekolah
Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kota Madiun. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode angket (metode utama), dan dibantu dengan metode wawancara. Metode analisa data penelitian digunakan metode statistik dengan teknik test.
Hasil penelitian diperoleh harga thitung = 2,74. Harga ttabel pada tingkat signifikansi 0,05 = 1,96, dan harga ttabel pada tingkat signifikansi 0,001 = 2,567. Dengan demikian ada perbedaan kualitas sikap jujur antara siswa kelas III MAN dengan siswa kelas III SMAN/SMKN Kota Madiun.

 

Comments are closed.

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1.894 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: