Dinamika Organisasi Profesional Kependidikan


Penulis

:

Mohammad Imam Farisi

Judul

:

Dinamika Organisasi Profesional Kependidikan di Indonesia

Jurnal

:

Lembar Ilmu Kependidikan (LIK). April 2013, hal. 36-45

Penerbit

:

Universitas Negeri Semarang (Unnes)

ISSN

:

0216-0847

Abstrak

:

Penelitian bertujuan mengkaji dan mendeskripsikan dinamika organisasi kependidikan di Indonesia. Studi dilakukan pada situs-situs resmi organisasi profesi kependidikan menggunakan analisis konten atau teks web difokuskan pada sejarah perkembangan; pelaksanaan peran, fungsi, tugas dan kewenangan organisasi, serta kendala atau masalah yang dihadapi. Studi menunjukkan bahwa ada lebih dari 100 organisasi profesi pendidikan di Indonesia berbentuk asosiasi, federasi, forum, komunitas/masyarakat, serikat, klub, koalisi, aliansi, dan/atau lembaga. Dinamika organisasi dipengaruhi oleh faktor-faktor akademikprofesional, yuridisformal, serta konteks sosial-politik organisasi. Secara umum, organisasi profesi pendidikan di Indonesia masih fokus pada fungsi pengembangan profesional. Sementara, fungsi advokasi hanya dilakukan oleh beberapa organisasi profesional; dan fungsi regulasi (standarisasi, akreditasi, sertifikasi, dan lisensi) masih dikoordinasikan dan dikendalikan oleh lembaga yang ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional dan / atau LPTK. Masalah yang dihadapi oleh organisasi terkait dengan pelaksanaan fungsi dan kewenangan organisasi di bidang regulasi.

Kata Kunci

:

dinamika, organisasi profesional, kependidikan, Indonesia

Link Web

:

http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/2704/2769

 

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

You are free:

  • to Share ā€” to copy, distribute and transmit the work
  • to Remix ā€” to adapt the work

Comments are closed.

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1.894 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: