Efektivitas Ujian Nasional dalam Konteks Kurikulum Berbasis kompetensi dan Otonomi Pendidikan


Penulis            : Mohammad Imam Farisi
Disajikan di    : Seminar FKIP Universitas Madura, Pamekasan, 29 Januari 2006
Tautan             : https://utsurabaya.files.wordpress.com/2012/06/seminar-uim2.pdf

Abstrak: Mempersoalkan derajat efektivitas UNAS mengandung empat persoalan pokok, yaitu: (1) apakah UNAS efektif menilai standar kompetensi lulusan?, (2) apakah UNAS efektif dijadikan dasar untuk melakukan pemetaan mutu program dan/atau satuan pendidikan?; (3) apakah UNAS efektif dijadikan dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya?; (4) apakah UNAS efektif dijadikan dasar untuk menentukan kelulusan peserta didik dari program dan/atau satuan pendidikan tertentu?; dan (5) apakah UNAS efektif dijadikan dasar untuk melakukan pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upayanya untuk meningkatkan mutu pendidikan? Diskusi berikut akan difokuskan pada kelima pertanyaan tadi.

Kata kunci: Efektivitas, ujian nasional, kurikulum berbasis kompetensi, otonomi pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1.894 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: